MAKALAH

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI

TERHADAP PENDIDIKAN DI SMA

Disusun oleh :

Amiratul Azizah

201010040311258

Ikom-D

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALAN

2011

 

 

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur dan sanjungan bagi ALLAH SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan kasih sayangnya yang maha luas hingga tak terbatas ruang dan waktu sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan tugas makalah ini tanpa suatu halangan yang menyulitkan didalamnya.

Penulis tidak lupa pula menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Karena tanpa bantuan serta dukungan dari semua pihak, makalah ini tidak akan terselesaikan dengan baik Penulis juga meminta maaf sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan makalah ini telah melakukan kesalahan, baik disengaja maupun tidak sengaja.

Dalam penyusunan makalah ini penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan, keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak yang dapat mengarahkan pada perbaikan di masa datang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

i

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar         …………………………………………………………………………………….  i

Daftar Isi                  …………………………………………………………………………………….  ii

Bab I

  • Latar Belakang         ……………………………………………………………………………….1
  • Rumusan Masalah     ………………………………………………………………………………1
  • Tujuan Penulisan       ………………………………………………………………………………1

Bab II

  • Pengertian Implementasi Teknologi Komunikasi     …………………………………………2
  • Proses Implementasi Teknologi Komunikasi            ……………………………………….2
  • Perspektif tentang Implementasi Teknologi Komunikasi     ……………………………….3
  • Implementasi Teknologi Komunikasi Terhadap Pendidikan di SMA ……………………..3

Bab III

  • Kesimpulan   ………………………………………………………………………………………..5
  • Saran             ………………………………………………………………………………………5

Daftar Pustaka          …………………………………………………………………………………….6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ii

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang

Teknologi komunikasi pada saat ini perkembangannya sangatlah pesat, sehingga masyarakat pun dituntut untuk bisa memahami dan menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun begitu, tidak sedikit masyarakat yang masih tidak bisa menggunakan teknologi komunikasi tersebut. Hal ini bisa saja dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah rumah penduduk yang tidak terjangkau dan masuk terlalu dalam di daerah pedesaan, selain itu bisa juga dikarenakan oleh nilai-nilai dari teknologi tersebut tidaklah sesuai dengan nilai yang ada dalam masyarakat yang telah ada sejak dahulu.

Sesungguhnya teknologi komunikasi itu sangatlah penting bagi kehidupan bermasyarakat. Apabila kita sedang berada jauh dari keluarga ataupun saudara, maka kita bisa menggunakan teknologi komunikasi sehingga mudah dalam berinteraksi meskipun tidak bertatap muka langsung. Seperti halnya pendidikan yang ada di Indonesia sekarang ini, lebih khususnya pendidikan di kalangan pelajar SMA. Tidak sedikit sekolah-sekolah SMA yang saat ini menggunakan basis teknologi yang canggih. Banyak sekali fasilitas teknologi komunikasi yang disediakan dalam sekolah SMA saat ini, seperti saja LCD, Proyektor, dan lain sebagainya. Setiap kelas dalam sekolah saat ini dinamakan kelas multimedia, karena fasilitas yang serba canggih yang telah disediakan di sekolah.

  1. B.     Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah bagaimana Implementasi Teknologi Komunikasi Terhadap Pendidikan Di SMA ?

  1. C.    Tujuan Penulisan

Berdasarkan rumusan masalah yang diuraikan diatas, maka tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan pembentukan Implementasi Teknologi Komunikasi Terhadap Pendidikan Di SMA. Dengan adanya penulisan ini, maka kita dapat mengetahui cara yang baik dalam menerapkan teknologi komunikasi.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A.    Pengertian Implementasi Teknologi Komunikasi

Secara kebahasaan, implementasi sama dengan penerapan[1]. Jadi, yang dimaksud dengan implementasi teknologi komunikasi adalah penerapan terhadap teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi komunikasi itu sangatlah berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat, meskipun begitu masih banyak pula masyarakat yang masih saja tidak mengenal teknologi komunikasi. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurangnya informasi yang didapat dan daerah tempat tinggal yang jauh dari perkotaan. Selain itu, dapat pula dipengaruhi oleh nilai-nilai teknologi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang telah ada dalam masyarakat sejak dahulu. Sehingga yang paling banyak menggunakan teknologi komunikasi dalam kehidupannya sehari-hari adalah masyarakat yang tinggalnya berada di daerah perkotaan maupun sekitarnya. Pada saat ini dapat dikatakan bahwa antara kehidupan kita dan teknologi komunikasi hubungannya sangat erat sekali, karena sulit sekali untuk memisahkan kehidupan kita dengan teknologi komunikasi itu sendiri.

Dengan adanya teknologi komunikasi ini kita dapat dengan mudah untuk menjalankan sesuatu, misalnya saja kita mudah menghubungi rekan bisnis ataupun keluarga kita apabila mereka berada jauh dengan kita. Teknologi komunikasi membuat kita hidup lebih mudah. Dapat dikatakan bahwa hidup kita itu sangat tergantung sekali dengan teknologi komunikasi.

  1. B.     Proses Implementasi Teknologi Komunikasi

Proses implementasi teknologi komunikasi bisa merujuk pada model proses inovasi yang diperkenalkan oleh Everett M. Rogers. Proses implementasi harus melewati tahap :[2]

  1. Inisiasi, yaitu usaha mengumpulkan informasi tentang teknologi komunikasi, memahaminya dengan seksama dan merencanakannya untuk mengadopsinya. Tahap ini memiliki dua tingkat, yaitu :
    1. Agenda-setting
    2. Matching
  2. Implementasi, yaitu seluruh kegiatan dan aktivitas yang dilakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi yang dirindukan. Tahap ini memiliki tiga tingkat, seperti :[3]
    1. Redefining
    2. Clarifying
    3. Routinizing

Berdasarkan proses implementasi teknologi komunikasi diatas, maka persoalan penerapan teknologi komunikasi muncul sebelum penerapan itu menjadi rutinitas[4].

  1. C.    Perspektif tentang Implementasi Teknologi Komunikasi

Empat perspektif tentang implementasi teknologi komunikasi meliputi[5]:

  1. Teknosentrik, perspektif ini menempatkan teknologi sebagai kekuatan yang mendorong terciptanya perubahan.
  2. Sosiosentrik, perspektif ini merupakan kebalikan perspektif teknosentrik. Jika perspektif teknosentrik berfokus pada teknologi, maka perspektif sosiosentrik berfokus pada situasi sosial yang ada pada sebuah lembaga / organisasi.
  3. Konflik, perspektif ini menempatkan konflik sebagai sesuatu yang melekat pada proses pengambilan keputusan.
  4. Disain sistem, perspektif ini merupakan kombinasi ketiga perspektif terdahulu.
  5. D.    Implementasi Teknologi Komunikasi Terhadap Pendidikan di SMA

Dalam era globalisasi ini teknologi komunikasi sangatlah berkembang cepat dan pesat, tidak ketinggalan pula dalam dunia pendidikan. Sangatlah penting untuk dunia pendidikan itu mengikuti perkembangan zaman, apalagi tentang teknologi komunikasi. Dunia pendidikan haruslah sangat cepat dalam menerima informasi dari dunia luar maupun dari dalam, khususnya disini adalah pendidikan di SMA. Sekolah merupakan salah satu tempat dimana kita bisa mendapatkan ilmu. Dengan cara belajarlah kita dapat mengetahui apa saja yang sedang terjadi di dunia ini. Sehingga kita dapat mengetahui dan dapat mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting bagi kita, apalagi pendidikan yang ditunjang dengan teknologi komunikasi. Saat ini, sudah tidak asing lagi bagi dunia pendidikan mengenai teknologi komunikasi. Sudah banyak sekolahan di SMA yang kelas-kelasnya menggunakan sistem multimedia. Hal ini dapat membantu muridnya untuk belajar lebih giat dan mendapatkan ilmu yang lebih banyak serta luas. Biasanya SMA yang menggunakan teknologi komunikasi itu di daerah-daerah perkotaan, SMA favorit, maupun sekolah yang dipinggiran kota saat ini pun sudah banyak yang menggunakan teknologi komunikasi yang canggih.

Biasanya fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah di dalam kelas diantaranya ada proyektor, LCD, dan lain sebagainya. Sedangkan yang biasanya ada dalam ruangan guru diantaranya adalah komputer, televisi, mesin faksimile, wifi, dan lain sebagainya. Selain pendidikan didalam kelas, guru pun menggunakan cara mengajar melalui internet (online). Sehingga dapat belajar meskipun di akses dari rumah atau dimanapun. Hal ini tentu saja memudahkan guru ataupun muridnya. Selain itu juga siswa dapat meminjam buku di perpustakaan sekolah yang sekarang ini menggunakan sistem perpustakaan digital, dan bukan lagi ruangan yang hanya berisi rak-rak buku saja. Tentu saja hal ini membantu siswa untuk menjadi orang yang mengikuti zaman dan membuat siswa tidak mudah bosan dalam belajar, apalagi yang kita ketahui bahwa masa-masa SMA adalah masa di mana anak muda itu sering bergaul, dan hanya ingin bersenang-senang saja tanpa memikirkan pendidikan.

Pemanfaatan teknologi informasi diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Guru dan pengurus sekolah tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan operasional, yang sesungguhnya dapat digantikan oleh komputer. Dengan demikian dapat memberikan keuntungan dalam efisien waktu dan tenaga[6].

Meskipun begitu, masih adapula SMA yang tidak menggunakan sistem multimedia dalam sekolahannya. Hal ini bisa saja dikarenakan oleh beberapa faktor, misalnya saja karena sekolahan yang letaknya sangat jauh dari perkotaan, murid yang terlalu sedikit sehingga dana yang didapatkan tidak mencukupi untuk membuat sekolahan yang bersistem multimedia, tempat berdirinya sekolahan tersebut berada di daerah yang sulit dijangkau, sumber daya manusia yang masih terbatas, dan lain sebagainya. Dengan begitu seharusnya pemerintah juga ikut campur dalam pembangunan sekolahan yang layak, sehingga generasi penerus bangsa dapat belajar dengan baik dan nantinya bisa membuat bangsa kita menjadi negara yang maju.

BAB III

PENUTUP

  1. A.    Kesimpulan

Implementasi teknologi komunikasi adalah penerapan terhadap teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam era globalisasi ini teknologi komunikasi sangatlah berkembang cepat dan pesat, tidak ketinggalan pula dalam dunia pendidikan. Sangatlah penting untuk dunia pendidikan itu mengikuti perkembangan zaman, apalagi tentang teknologi komunikasi. Dunia pendidikan haruslah sangat cepat dalam menerima informasi dari dunia luar maupun dari dalam, khususnya disini adalah pendidikan di SMA. Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting bagi kita, apalagi pendidikan yang ditunjang dengan teknologi komunikasi. Dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi ini dimaksudkan untuk memaksimalkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia itu sendiri.

  1. B.     Saran

Perlu diperhatikan lagi oleh pemerintah bahwa pendidikan di Indonesia ini tidak semuanya memiliki fasilitas yang baik dan layak. Oleh karena itu, seharusnya pemerintahlah yang bertanggung jawab dalam perkembangan pendidikan di Indonesia ini. Apabila ada sekolah yang tidak layak serta tidak memenuhi dalam hal fasilitas maupun bangunan, hendaknya pemerintah tanggap dalam mengatasi masalah-masalah seperti ini di Indonesia.

Demikian makalah yang dapat saya tulis, kurang lebihnya penulis mohon maaf. Saran dan kritik dari pembaca sangat membantu untuk memperbaiki makalah.

DAFTAR PUSTAKA

Abrar, Ana Nadhya. “Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi”. Yogyakarta: Lesfi. 2003.

http://www.kamadeva.com/index-menu-news-newsid-tiduniapendidikan.htm

http://idakirei.wordpress.com/2008/06/04/implikasi-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-dunia-pendidikan/

http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/Artikel_TIK/Dampak_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi_dalam_Pendidikan.pdf


[1] Abrar, Ana Nadhya. “Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi” (Yogyakarta: Lesfi. 2003) p.30.

[2] Abrar, Ana Nadhya. “Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi” (Yogyakarta: Lesfi. 2003) p.31.

[3] Abrar, Ana Nadhya. “Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi” (Yogyakarta: Lesfi. 2003) p.31.

[4] Abrar, Ana Nadhya. “Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi” (Yogyakarta: Lesfi. 2003) p.32.

[5] Abrar, Ana Nadhya. “Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi” (Yogyakarta: Lesfi. 2003) p.33.

About 1kom

Nggaplek i....!! ok,ok,ok...???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s